Selasa, 10 September 2013

Bila Indonesia Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia....

Yo... What's Up
Aku mau sharing-sharing tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi kalau Negeri tercinta Kita, Indonesia menjadi Tuan Rumah Piala Dunia kira-kira gimana ya...?

Nah disini aku mau mengambil salah satu kemungkinannya jika Indonesia menjadi Tuan Rumah Piala Dunia. Yang mau aku bahas disini adalah aspek paling penting dari syarat diselenggarakannya Piala Dunia, yaitu :
Stadion Sepakbola.

Jangan salah, Indonesia mempunyai stadion-stadion bertaraf Internasional. Ini bisa menjadi salah satu alasan persyaratan yang memenuhi jika Indonesia menginginkan menjadi Tuan Rumah Piala Dunia Sepakbola.

Kebayang gak sih di benak kalian, gimana Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia Sepakbola...?

Yap, meskipun tahun 2014 sangat tidak mungkin karena pasti banyak dari kalian sudah pada tahu kalau Brazil Tuan Rumahnya. Tahun 2018 dan 2022 juga sangat gak mungkin juga, karena sudah dipilih Tuan Rumah Piala Dunia yang sah oleh FIFA.

Tapi masih ada harapan untuk Indonesia tercinta kita menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2026, semoga saja. Mari kita berdo'a... ^^

Stadion Sepak bola adalah hal yang sangat penting kalau suatu negara ingin menjadi Tuan Rumah Piala Dunia. FIFA juga pastinya mengeluarkan syarat-syarat standarisasi Stadion untuk Pagelaran Sepakbola Se-Jagad ini.

Disini ada beberapa referensi standarisasi stadion untuk menjadi jadi Tuan Rumah Piala Dunia, diantaranya :
  • Kualitas rumput yang baik dan drainase terjamin bila cuaca hujan.
  • Ada ruang ganti pemain.
  • Lampu harus sesuai standar internasional.
  • Pintu untuk pengaman penonton jikalau ada kekacauan di lapangan.
  • Kualitas bahan bangunan stadion sesuai standar internasional.
  • Ada tribun official.
  • Ada sarana wc umum yang bersih dan baik.
  • Serta peraturan yang ketat untuk menjaga keamanan dan ketertiban para penonton.
Selain itu, kapasitas stadion harus minimal 40.000 bangku/tempat duduk dengan nomor di kursi penonton, ruang perawatan dan ruang ganti yang layak serta ruang pers bagus. Kalau misalnya ada lagi monggo ditambah... ^^
Sayangnya infrastruktur pendukung belum maksimal. Kalau mau bangun infrastruktur pendukung, takut malah jadi lahan korupsi baru buat para "oknum".
Hukum Indonesia harus dirombak total dulu nih sepertinya...
Indonesia saat ini terus dan harus terus berbenah dan masing-masing daerah berlomba-lomba membuat stadion bertaraf Internasional, terlihat dari beberapa daerah yang mempunyai klub lokal dan stadion yang cukup bagus. Gak menutup kemungkinan kalau stadion-stadion ini menjadi pilihan Pemerintah untuk menyelenggarakan Pertandingan Piala Dunia jika Indonesia menjadi Tuan Rumah.

Banyak yang harus dibenahi dahulu. Bukan hanya infrastruktur stadionnya aja, tapi PSSI, suporter, kota penyelenggara, dan pemerintahnya harus benar-benar siap menggelar hajatan akbar Piala Dunia ini.

Tapi, tau gak sih kalau ternyata perkembangan pembangunan stadion-stadion sudah hampir merata di seluruh Indonesia. Semoga saja nanti semua daerah di Indonesia bisa memiliki stadion yang keren-keren, setidaknya bisa menambah perekonomian masyarakat setempat juga dan satu lagi, mohon banget untuk masyarakat bisa merawat stadion maupun lingkungan stadion agar tetap indah dilihat dan dinikmati semua orang.

Yup, terlepas dari semuanya, Indonesia bisa atau nggaknya jadi tuan rumah tahun 2026 atau pun 2030 nanti, kita bisa melihat keseriusan pemerintah. Kalau pemerintah terus ngotot ke FIFA, tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa.

Memang sih kalau kita lihat kadang kita pengen bilang "Gak mungkin" jadi Tuan Rumah, banyak kurang sana-sini. Tapi, salahkah berharap Jika kita menjadi Tuan Rumah...? Yah meskipun memang terbilang sangat lama.

Memang, fasilitas lain masih belum terwujud. Namun, kalau kita siap sebagai Tuan Rumah, kalau pemerintah dan kita juga serius pasti semua fasilitas menunjang akan dibangun. Optimis aja...

Jangan berhenti berharap dan terus berdo'a yah... ^^


Saus dari zakyorens

Tidak ada komentar:

Posting Komentar