Kamis, 18 Juli 2013

Jungkir Balik Fungsi Trotoar (R.I.P Trotoar)

Hari ini saya mau membahas tentang salah satu fasilitas umum yang pastinya sering kita lihat, sering kita gunakan, dan sering kita lewati.

Trotoar

Yup! Trotoar...
Tapi, apa sih trotoar itu...???

Trotoar adalah sebuah jalur atau landasan berpijak bagi Pejalan Kaki (Foots Walk) yang biasanya bersejajar dengan jalanan umum (jalan raya) dan untuk posisi Trotoar pastinya lebih tinggi dari permukaan jalan umum tersebut.

Lalu apa fungsi dari Trotoar itu sendiri...???

Fungsinya adalah sebagai pemisah antara jalur Pejalan Kaki dengan jalur Kendaraan seperti Mobil, Motor, Sepeda, Becak, Bemo, Bajaj, dan Andong. Dengan adanya fungsi tersebut pastinya dapat menjamin keamanan seorang Pejalan Kaki.

Kenapa harus ada Trotoar...???

Alasannya karena para Pejalan Kaki tentunya berada pada posisi yang lemah atau kalah jika mereka harus bercampur dengan kendaraan, dan yang pasti untuk menghindarkan suatu kecelakaan. Oleh sebab itu, tujuan utama dengan adanya Trotoar adalah sebagai bentuk usaha untuk memisahkan Pejalan Kaki dari arus Kendaraan Bermotor.

Dimana Trotoar harus ada...???

Perlu tidaknya sebuah Trotoar dapat diidentifikasikan melalui volume para Pejalan Kaki yang berjalan dijalan, kemudian melihat tingkat kecelakaan antara Kendaraan dengan Pejalan Kaki, dan pengaduan atau permintaan Masyarakat akan kebutuhan Trotoar itu sendiri.

Penempatan Trotoar secara umum berada di daerah perkotaan yang tingkat kepadatan penduduknya tinggi, kemudian jalan yang memiliki rute angkutan umum yang tetap, lalu daerah yang memiliki suatu aktivitas kontinyu yang tinggi seperti misalnya jalan-jalan di pasar dan pusat perkotaaan, lokasi yang memiliki kebutuhan atau permintaan yang tinggi dengan periode yang pendek seperti misalnya stasiun-stasiun bis dan kereta api, sekolah, rumah sakit, lapangan olah raga, dan juga lokasi yang mempunyai permintaan yang tinggi untuk hari-hari tertentu semisal lapangan atau gelanggang olah raga, masjid.

TAPI, Fungsi Trotoar sekarang sudah tidak lagi sesuai dengan Faedahnya. Banyak penggunaan secara ilegal terhadap Trotoar, ada pihak-pihak dan oknum tertentu yang menggunakan fasilitas gratis ini untuk digunakan kepentingan pribadi ataupun komersil. Mari kita saksikan bagaimana Trotoar sudah tak lagi berdaya melawan penindasan :

Buat mejeng muka
Buat mejeng muka
Parkir mobil berjamaah
Parkir mobil berjamaah
Parkir mobil murah
Parkir mobil murah
Parkir mobil mahal
Parkir mobil mahal
Parkir motor
Parkir motor
Jalur alternatif motor
Jalur alternatif motor
Buat berdagang
Buat berdagang
Buat tambal ban
Buat tambal ban
Ada yang tau dimana trotoarnya...???
Ada yang tau dimana trotoarnya...???
Dan inilah seharusnya fungsi Trotoar dengan semestinya :

Inilah seharusnya fungsi Trotoar dengan semestinya

Inilah seharusnya fungsi Trotoar dengan semestinya

Bayangkan jika Trotoar tersebut digunakan seorang Tuna Netra, lalu kemudian ada motor melaju melalui Trotoar! :

Tunanetra
Tunanetra

Yah itulah potret kesemerawutan dan tingkah laku masyarakat kita yang dengan sengaja ataupun tidak, tapi bisa dibilang kita sudah salah mengartikan apa fungsi fasilitas tersebut.

Dibutuhkan kesadaran yang sangat tinggi dari masyarakatnya sendiri, jika tidak akan semakin memprihatinkan Bangsa ini.

- original writer of Jhipau -



Tidak ada komentar:

Posting Komentar